Cara Membuat Invoice/Faktur Otomatis di Excel
Salam sahabat excel kali ini saya akan membagikan Cara Membuat Invoice/Faktur Otomatis di Excel.
Seperti inilah bentuk spreadsheet. Jika Anda memilih Klien dan dari drop-down list di cell E6, secara otomatis Excel mengisi data Client.
Jika Anda memilih Product dan dari salah satu drop-down list di cell A13 hingga A31, maka secara otomatis akan mengisi data product.
Di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara otomatis data entri product. Trik yang sama telah digunakan untuk informasi Client.
Ok sobat Excel tanpa banyak basa-basi silahkan simak langkah-langkah nya di bawah ini.
1. Pada Sheet Product, buatlah data product seperti gambar dibawah ini.
2. Pada Sheet Invoice, pilih Cell A13 sampai A31.
3. Pada Tab Data, klik Data Validation (Validasi Data)
4. Selanjutnya di bawah Allow, klik List.
5. Kemudian silahkan anda klik kotak di bawah Source dan pilih Range A2:A5 pada Sheet Product.
6. Ubah secara manual 5 menjadi 1048576 (atau jumlah besar lainnya) untuk memasukkan lebih banyak Cell.
7. Klik OK.
8. Langkah selanjutnya Pilih Cell B13 dan Copy Paste formula di bawah ini.
9. Selanjutnya Pilih Cell C13 dan copy paste Formula dibawah ini.
10. Selanjutnya Pilih Cell E13 dan copy paste formula di bawah ini.
11. Untuk menyalin formula ke cell lain, pilih rentang B13: E13 dan tarik ke bawah ke baris 31.
Bagi yang mau sampelnya silahkan download di bawah ini.
Jika Anda memilih Product dan dari salah satu drop-down list di cell A13 hingga A31, maka secara otomatis akan mengisi data product.
Di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara otomatis data entri product. Trik yang sama telah digunakan untuk informasi Client.
Ok sobat Excel tanpa banyak basa-basi silahkan simak langkah-langkah nya di bawah ini.
1. Pada Sheet Product, buatlah data product seperti gambar dibawah ini.
2. Pada Sheet Invoice, pilih Cell A13 sampai A31.
3. Pada Tab Data, klik Data Validation (Validasi Data)
4. Selanjutnya di bawah Allow, klik List.
5. Kemudian silahkan anda klik kotak di bawah Source dan pilih Range A2:A5 pada Sheet Product.
6. Ubah secara manual 5 menjadi 1048576 (atau jumlah besar lainnya) untuk memasukkan lebih banyak Cell.
7. Klik OK.
8. Langkah selanjutnya Pilih Cell B13 dan Copy Paste formula di bawah ini.
=IF(ISBLANK(A13),"", VLOOKUP($A13,Products!$A:$C,2,FALSE))
Penjelasan: Jika sel A13 kosong, rumus mengembalikan string kosong. Jika tidak, fungsi VLOOKUP mencari Product nr (1001) di kolom paling kiri dari kisaran $A: $C (kolom A ke C) pada sheet Product, dan mengembalikan nilai dalam baris yang sama dari kolom kedua (col_index_num diatur ke 2).
9. Selanjutnya Pilih Cell C13 dan copy paste Formula dibawah ini.
=IF(ISBLANK(A13),"", VLOOKUP($A13,Products!$A:$C,3,FALSE))
Penjelasan: Formula ini hampir sama dengan formula sebelumnya. Kali ini mengembalikan nilai di baris yang sama dari kolom ketiga (col_index_num diatur ke 3).10. Selanjutnya Pilih Cell E13 dan copy paste formula di bawah ini.
=IF(ISBLANK(A13),"", C13*D13)
Penjelasan: Jika cell A13 kosong, rumus mengembalikan string kosong. Jika tidak, itu mengembalikan product dari Harga dan Kuantitas (Price dan Quantity).11. Untuk menyalin formula ke cell lain, pilih rentang B13: E13 dan tarik ke bawah ke baris 31.
Bagi yang mau sampelnya silahkan download di bawah ini.
Posting Komentar untuk "Cara Membuat Invoice/Faktur Otomatis di Excel"