Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Teknologi Canggih Masa Depan Yang Fenomenal

Di era serba digital sekarang ini tidak lepas dari berkembangnya sebuah teknologi. Dengan berkembangnya sebuah teknologi dapat mempermudah kita dalam melakukan segala hal.
5 Teknologi Canggih Masa Depan

Apa itu Teknologi?

Jika anda mendengar kata Teknologi. Apa yang terbesit difikiran anda? Pastinya sebuah alat yang bisa atau untuk memudahkan manusia dalam melakukan suatu pekerjaan atau segala urusan.

Arti kata Teknologi 

Teknologi adalah sebuah sarana untuk menyediakan barang atau gadget yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia. Sekarang ini sudah banyak teknologi yang berkembang di dunia, dan pastinya anda sudah menikmati itu semua.

Saat ini kehidupan manusia sudah sangat tergantung dengan yang namanya teknologi mulai dari hal yang sederhana sampai dengan hal yang kompleks.
Sekalipun sekarang telah bergantung dengan teknologi, tapi tidak mungkin juga ada orang yang masih menggunakan sebuah alat untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan secara manual.

Berikut teknologi canggih masa depan yang sudah di buat dan yang akan direncakan oleh manusia

1. Artificial Intelligence

Teknologi Canggih Masa Depan Yang Fenomenal
Artificial Intelligence
Artificial intelligence atau kecerdasan buatan ini merupakan studi yang bertujuan agar komputer berpikir dan berperilaku selayaknya manusia.
Beberapa teknologi AI yang diperkirakan akan menjadi tren di masa depan antara lain Natural Language Generation, Speech Recognition seperti Google Now, Machine Learning Platforms, Agen Virtual, dan Biometrics.
Selain dikembangkan, sadar atau tidak artificial intelligence juga telah diperkenalkan termasuk melalui film box office. Contohnya di film Iron Man, tokoh utama yaitu Tony Stark memiliki virtual assistant dengan teknologi artificial intelligence bernama J.A.R.V.I.S.

2. Nano Teknologi

Teknologi Canggih Masa Depan Yang Fenomenal
Nano Teknologi
Nanoteknologi adalah teknologi masa depan yang dapat membantu manusia untuk memanipulasi partikel-partikel kecil yang hanya seukuran atom. Nanometer mempunyai ukuran 1 per semilyar meter yang mungkin sangat kecil sekali dan sulit di pegang dengan tangan kosong. Sebagai tujuannya nanoteknologi diperkirakan mampu menciptakan material-material baru di masa depan.

Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom berkisar antara 62 pikometer sampai 520 pikometer, sedangkan kombinasi dari beberapa atom membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano.

3. Space Elevator (Lift Ruang Angkasa)

Teknologi Canggih Masa Depan Yang Fenomenal
Space Elevator
Space Elevator ini yang sedang giat-giatnya dikembangkan oleh Negara jagoan robot dunia yaitu Jepang. Ini merupakan elevator ruang angkasa dengan kabin berkapasitas 30 orang yang akan membawa manusia dari bumi menuju stasiun luar angkasa dalam waktu delapan hari
Tim peneliti dari Shizouka University dan perusahaan kontraktor asal Jepang, Obayashi mulai mewujudkan impian membangun lift yang menghubungkan Bumi dan luar angkasa.

Berbeda dengan lift di dalam bangunan yang umumnya berbentuk kotak, para insinyur yang tergabung dalam misi ini mengadopsi desain oval yang menyerupai sebuah mobil. Nantinya akan ada enam oval-berbentuk mobil, masing-masing berukuran 18x7,2 meter.

Berbeda dengan peluncuran roket yang dilakukan di ruangan terbuka, lift yang bisa menembus antariksa ini akan 'dilontarkan' dari lautan dan saling terhubung satu sama lain lewat kabel ke satelit di ketinggian 36 ribu kilometer di atas Bumi.

Mempertimbangkan sumber daya, lift ini nantinya akan ditenagai motor listrik untuk mendorong dan menarik kembali masing-masing 'mobil' dengan kecepatan lebih dari 120 meter per jam. Dengan kecepatan tersebut tim peneliti memperkirakan saty kali perjalanan ke luar angkasa bisa ditempuh dalam waktu delapan hari.

Untuk bisa sampai ke antariksa, akan ada kabel sepanjang 96 ribu kilometer yang terpasang dari Bumi. Tim peneliti memperkirakan proyek ini akan menelan biaya sekitar US$9 miliar (sekira Rp135 triliun), pembuatan nanotube karbon disebut menelan biaya terbesar.

Namun demikian, tim peneliti nampaknya masih butuh waktu lama untuk mewujudkan misi ini. Untuk saat ini, menurut tim peneliti dari Shizuoka University baru akan memulai tahap pertama pengujian proyek pembangunan lift luar angkasa.

Pengujian tersebut termasuk mengirim dua huah satelit mini berukuran 10x10 cm ke luar angkasa dan menghubungkan dengan kabel sepanjang 10 meter dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Mengutip dari Alphr, pengujian lift luar angkasa yang sesungguhnya baru akan dilakukan dengan mengirimkan paket melalui kabel yang terpasang di antara dua buah satelit dan ISS. Jika ini berhasil, menandakan tahap pengembangan memasuki tahap lanjutan untuk mewujudkan proyek lift luar angkasa.

4. Driverless Car (Mobil Tanpa Kemudi)

Teknologi Canggih Masa Depan Yang Fenomenal
Google Driveless Car
Teknologi pendukung mobil sekarang ini sudah sangat meningkat sekali, seperti tanpa pengemudi sudah ada seperti GPS, line departure warning system dan self-parking feature.
Alhamdulillah sekarang ini Proyek driverless car tersebut sudah berhasil terwujud digarap oleh tim Google X.

Google membawa konsep self-driving car atau mobil tanpa pengemudi ke tingkat yang lebih tinggi. Bukan hanya tidak membutuhkan pengemudi, mobil buatan Google tersebut tidak memiliki kemudi.
Google telah melengkapinya dengan sensor canggih yang hampir tidak memiliki titik buta. Bukan hanya itu, rangkaian sensor yang mobil tersebut miliki dapat membaca objek seluas dua kali lapangan sepak bola ke seluruh penjuru.

Bukan hanya setir yang dihilangkan, self driving car ini tidak memiliki pedal gas dan rem. Mobil ini pertama kali diperkenalkan oleh Sergey Brin dalam ajang konferensi teknologi Recode. Seperti yang ditulis TheVerge, dari luar ia memiliki desain campuran antara mobil mainan buatan Playmobil, mobil Smart dan Fiat 500.

5. Flaying Car (Mobil Terbang)   

Teknologi Canggih Masa Depan Yang Fenomenal
Flaying Car
Ketika anda berada dalam situasi macet parah pasti anda akan berfikir seandainya ada mobil terbang. Dan ternyata dalam waktu dekat memang hal tersebut akan benar-benar terjadi.

Perusahaan yang bernama “terrafugia” yang akan memamerkan mobil terbang mereka pada “New York Autoshow 2012. Untuk mengendarai mobil ini pengendara harus memiliki lisensi khusus.

Itulah teknologi canggih masa depan dan teknologi baru yang sudah muncul yang dibuat oleh perusahaan dunia.

Posting Komentar untuk "5 Teknologi Canggih Masa Depan Yang Fenomenal"